Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli - Partai politik pertama kali lahir di belahan barat negara Eropa. Kelahiran ini diawali oleh gagasan bahwa rakyat merupakan faktor yang perlu diperhitungkan serta diikutsertakan dalam perkembangan politik. Berawal dari pemikiran itu, partai politik berkembang dan menjadi penghubung antara rakyat dengan pemerintah.

Partai politik dianggap sebagai ciri modernisasi dinegara yang menganut paham demikrasi, gagasan partisipasi rakyat dijadikan dasar ideologi bahwa rakyat berhak turut menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin.

Kata partai politik merupakan terjemahan dari political party yang berasal dari kata part yang berarti bagian. Dengan demikian, partai adalah bagian dari suatu kesatuan tertentu. Dalam hal ini partai dikenakan pada sekumpulan individuyang merupakan bagian dari suatu masyarakat atau bangsa sebagai ruang lingkup keseluruhan. Kata politik menunjukkansuatu aspek kehidupan, yaitu kehidupan politik yang bisa juga diartikan sebagai aspek kehidupan yang menyangkut segi-segi kekuasaan.

Berikut ini merupakan Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli, yang sudah ada pada jaman dahulu kala :

1. Carl J. Friedrich mengatakan bahwa partai politik adalah sekelompok manusia terorganisasi secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan kekuasaan pemerintah. Dengan kekuasaan itu, mereka dapat memberikan kemanfaatan bersifat ideal dan material kepada anggota partainya itu sendiri.

2. R.H. Soltau mengatakan bahwa partai politik adalah sekelompok warga negara yang terorganisasi dan bertindak sebagai suatu kesatuan politik, yang tertujuan memanfaatkan kekuasaannya untuk memiliki dan menguasai pemerintahan dan melaksanakan kebijakan umum mereka.

3. Sigmund Neumann berpendapat bahwa partai politik adalah organisasi dari aktivitas-aktivitas politik yang berusaha menguasai kekuasaan pemerintahan serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan dengan suatu golongan atau golongan-golongan lain yang mempunyai pandangan berbeda.

Itulah beberapa Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli, sebenarnya masih banyak lagi perngertian dari partai politik, namun berhubung admin ambil yang paling menonjol saja, agar mudah dimengerti dan menjadi pembelajaran buat kita semua.

Artikel Terkait

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli
4/ 5
Oleh

Blog Dofollow Berkomentarlah sesuai dengan Topik.