Pemahaman Unsur, Senyawa, dan Campuran

Pemahaman Unsur, Senyawa, dan Campuran - Pembelajaran kali ini kita akan membahas bidang studi Kimia yang merupakan bidang studi menyangkut hal-hal berupa zat-zat berbahan kimia.

Unsur
Unsur merupakan bahan dasar penyusunan segala macam materi. Jumlah unsur ada sekitar 100 macam. Semua materi, baik yang berwujud padat, cair, maupun  gas, berbentukdari sekitar 100 macam unsure tersebut. Perikatan kimia antar dua jenis atau lebih unsure menghasilkan senyawa. Jumlah senyawa yang terbentuk dari unsur-unsur tersebut mencapai jutaan. Dengan begitu,materi yang kita temukan dialam dapat berupa unsur, senyawa, atau campuran.

Rangkuman:Unsur merupakan materi paling sederhana. Unsur tidak dapat lagi diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana.Dialam terdapat 90 jenis unsur. Beberapa unsur telah berhasil dibuat melalui reaksi nuklir, sehingga kini dikenal sekitar 119 jenis unsur.Unsur dapat digolongkan kedalam logam, nonlogam, dan metalloid.

Senyawa
Senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua jenis atau lebih zat yang lebih sederhana. Peruraian senyawa dapat terjadi karena pemanasan atau aliran listrik.


-   Molekul Senyawa
Bagian terkecil dari senyawa disebut Molekul. Molekul senyawa terbentuk dari perikatan dua jenis atau lebih atom unsur. Sebagai contoh, molekul air terdiri dari dua atom hydrogen yang berikatan dengan satu atom oksigen.
-   Sifat Senyawa
Senyawa memiliki sifat-sifat tertentu yang berbeda dari sifat unsur penyusunnya.

Rangkuman:Senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikanKini telah dikenal sekitar 10 juta jenis senyawa dan ribuan senyawa ditemukan setiap tahunnya.Bersenyawa berbeda dari bercampuran.

Campuran
Campuran adalah materi yang terdiri dari dua jenis zat atau lebih. Contoh campuran Air laut, udara, tanah, bensin dll.
Berbeda halnya dengan senyawa, sifat-sifat komponen dalam campuran tidak hilang. Ketika gula dilarutkan dalam air, kedua zat itu tidak bersenyawa, melainkan hanya bercampur; gula tetap gula dan air tetap air. Molekul gula dan molekul air tidak membentuk ikatan kimia.

Rangkuman:Campuran terdiri dari dua jenis atau lebih zat.Campuran homogeny disebut larutanKoloid dapat ditunjukkan dengan efek tyndall.Campuran heterogen dapat berupa koloid atau suspense. Secara makroskopis koloid bersifat homogen.

Artikel Terkait

Pemahaman Unsur, Senyawa, dan Campuran
4/ 5
Oleh

Blog Dofollow Berkomentarlah sesuai dengan Topik.